Intecs Health Day 2019: Mengenal Diabetes dan Pengecekan Gula Darah


By: Super Admin Apr 11, 2019 170

Beragam cara dilakukan untuk meningkatkan kesehatan karyawan PT Intecs Teknikatama Industri. Selain dengan adanya program Medical CheckUp setiap tahunnya yang berlaku bagi calon karyawan dan karyawan eksisting demi menjaga kesehatan seluruh karyawan. Kegiatan yang menjadi bagian dari program Departemen HSE PT Intecs Teknikatama Industri ini bekerjasama dengan Rumah Sakit Hermina.


Kerjasama PT Intecs Teknikatama Industri dengan Rumah Sakit Hermina berlangsung sejak ini bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh seluruh Karyawan PT Intecs Teknikatama Industri. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi indikator bagi seluruh karyawan untuk terus meningkatkan kesehatan dan juga mengatur pola hidup yang lebih baik. Dengan terjaganya kesehatan karyawan maka akan berjalan lurus terhadap efektifitas perusahan dalam pencapaian target produksi yang menjadikan peningkatan produktifitas perusahaan.


Kegiatan yang berlangsung pagi hari ini diawali dengan pemberian materi tentang pengertian penyakit Diabetes dan penanganan penderita Diabetes. Pembekalan edukasi tentang Diabetes menjadi penting bagi para pekerja PT Intecs Teknikatama Industri sehingga membuat seluruh karyawan PT Intecs Teknikatama Industri memberikan apresiasi dengan mengikuti proses edukasi secara menyeluruh.


Edukasi Diabetes mellitus meliputi gejala, penularan dan penyebabnya. Diabetes sendiri merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh gagalnya organ pankreas memproduksi jumlah hormon insulin secara memadai sehingga menyebabkan peningkatan kadar glukosa dalam darah. Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit tidak menular dan merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang penting.


Diabetes mellitus pada tahun 2014, lebih banyak dibandingkan dengan tahun 1980 (sebanyak 108 juta jiwa). Hal ini mungkin disertai dengan peningkatan faktor risiko seperti obesitas dan gaya hidup sedentary (kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan seseorang yang tidak banyak melakukan aktifitas fisik atau tidak banyak melakukan gerakan). Di Indonesia sebanyak 2,1 % terdiagnosis DM (RISKESDAS 2013) dengan prevalensi usia paling banyak terdiagnosis pada usia 55 64 tahun.


Siang harinya kegiatan dilanjutkan dengan adanya pengambilan sample darah dan pengecekan gula darah setiap karyawan PT Intecs Teknikatama Industri. Selain pengecekan gula darah, pembekalan tentang pola hidup yang baik juga menjadi perhatian khusus bagi peserta. Selain bermanfaat bagi karyawan, edukasi ini diharapkan dapat terus berlanjut hingga keluarga masing-masing peserta yang terdiri dari seluruh karyawan setiap departemen yang ada di PT Intecs Teknikatama Industri.


Program kesehatan ini diharapkan dapat berlangsung secara berkala dengan tema yang berbeda dalam setiap pertemuan. Nantinya Departemen HSE PT Intecs Teknikatama Industri akan mengembangkan program ini dengan menjalin banyak rekanan Rumah Sakit dan Dokter terggantung tema yang dibahas. Dengan demikan peningkatan kesehatan karyawan dan juga pengetahuan akan pentingnya menjaga kesehatan serta pola hidup dapat menjadi bekal yang bermanfaat dimasa yang akan datang.

0 Comments
Leave A Reply