Mamuju Potensi Wilayah Tambang Baru di Indonesia, INTECS Memiliki Sistem Pelumasan Otomatis Canggih


By: Andhika A Kresna Jun 09, 2024 365

Jakarta, 9 Juni 2024 Indonesia adalah sebuah negara kepulauan di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua Asia dan Oseania sehingga dikenal sebagai negara lintas benua, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Sudah sejak lama Indonesia dikenal sebagai negara yang menyimpan segudang harta karun yang menjadi incaran dunia, tak terkecuali salah satunya sumber mineral.

Badan Geologi Kementerian ESDM menyatakan, pihaknya mengusulkan wilayah izin usaha pertambangan (WIUP) untuk logam tanah jarang (LTJ) berlokasi di daerah Mamuju, Sulawesi Barat. Seperti yang dikutip dari detik.com kepala badan Geologi Kementerian, Muhammad Wafid mengatakan “Yang jelas kami Badan Geologi sudah mengusulkan semuanya, tinggal follow up dari teman-teman Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba). Iya tetap (Mamuju), tinggal mereka kesempatan kapan mau melelangkan, saya kira tergantung mereka,” ujarnya pada Selasa (7/5/2024) lalu.

Dalam hal ini, PT Intecs Teknikatama Industri menyediakan produk dan layanan instalasi serta maintenance berkualitas untuk pertambangan dan industri di Indonesia. Dengan lebih dari 26 tahun kami berpengalaman dalam dunia pertambangan. Kami memiliki sistem pelumasan otomatis, pemadaman api otomatis, produk engineering, filtration, liquid dispensing, infra pumping and piping, fuel management system, gps system, collusion system dan perangkat alat berat lainnya. Khusus untuk alat berat jenis excavator, kami memiliki succses story untuk instalasi pelumasan otomatis (auto lubrication system) di unit seperti 320, 330, 345, 395, 6020 dan 6030. Tidak hanya itu, unit alat berat lain seperti PC200, PC300, PC400, PC400, PC 1250, PC 2000 ZX200, ZX 350, ZX870, EX1200 hingga PC 4000 telah berhasil kami lakukan instalasi di wilayah Indonesia.

Sistem pelumasan canggih yang dimiliki PT Intecs Teknikatama Industri sangat mampu diandalkan karena operator alat berat tidak perlu menghentikan mesin untuk melakukan pelumasan ulang saat mesin beroperasi. Sistem pelumasan otomatis PT Intecs Teknikatama Industri mampu melumasi secara terus menerus selama mesin bekerja. Hal ini meningkatkan efisiensi karena tidak perlu menghentikan mesin untuk pelumasan. Pendistribusian grease kami pastikan tetap terdistribusi dengan baik guna mencegah kontaminasi bahkan ketika alat berat dioperasikan di lingkungan yang keras khususnya dalam proses eksplorasi wilayah tambang baru.

 

Sebagai informasi tambahan, Indonesia sendiri merupakan negara terluas ke-14 sekaligus negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah sebesar 1.904.569 km², serta negara dengan pulau terbanyak ke-6 di dunia, dengan jumlah 17.504 pulau. Dikabarkan juga saat ini Indonesia sedang bersiap melakukan eksplorasi untuk 47 mineral kritis dan 22 mineral strategis. Kegiatan eksplorasi tambang baru ini nantinya akan menggandeng Korea Institute of Geoscience and Mineral Resources (KIGAM).

 

Source: detik.com

0 Comments
Leave A Reply