Hindari Kecelakaan Kerja: PT Intecs Teknikatama Industri Menggandeng RSPI untuk Pengelolaan Kelelahan Kerja


By: Super Admin Sep 08, 2022 292

Jakarta - Sedia payung sebelum hujan pepatah tersebut mungkin yang mendasari QHSE department dari PT Intecs Teknikatama Industri untuk mewaspadai keselamatan seluruh karyawan yang ada di seluruh wilayah Indonesia agar terhindar dari kecelakaan kerja. Bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit Pondok Indah Pondok Indah, Jakarta tim QHSE sukses menghadirkan webinar dengan tema Pengelolaan Kelelahan Kerja oleh Pasangan dan Keluarga Karyawan.


Sadar akan kesehatan dan juga keselamatan dalam segala aktivitas, pada webinar kali ini tim QHSE PT Intecs Teknikatama Industri juga melebarkan kesempatan berdiskusi kepada rekan atau keluarga lainnya. Sebagai pembicara, dr. Kasyunnil Kamal,MS.,Sp.Ok pun memberikan reaksi positif.


Beragam pertanyaan pun mengisi webinar kesehatan ini demi kesehatan khususnya mengenai pengelolaan kelelahan akibat beraktivitas. Dapat diketahui juga bahwa istirahat pun memiliki kualitas yang berbeda-beda. Disebutkan dalam diskusi bersama dr. Kasyunnil Kamal bahwa setiap orang memiliki daya tahan tubuh dan aktivitas yang berbeda-beda sehingga penanganan dalam mengelola kelelahan pun beragam.


Pengelolaan fatigue atau kelelahan kerja diperlukan khususnya untuk orang-orang yang kekurangan tidur, kesulitan tidur atau sulit mengatur waktu tidur sehingga penting untuk mengetahui irama sirkadian untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, bagi para pekerja dengan shift kerja juga harus mampu mengantisipasi masalah tidur, mengantuk dan fatigue karena keselamatan diri sangat penting jika berkaitan dengan alat-alat bergerak yang bisa memicu kecelakaan kerja, ujar dr. Kasyunnil Kamal,MS.,Sp.Ok.


Disimpulkan juga bahwa, pengelolaan pencegahan kelelahan kerja (fatigue) dapat dilakukan dengan cara, melakukan identifikasi, evaluasi, dan pengendalian faktor yang dapat menimbulkan kelelahan pekerja. Webinar kesehatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada semua pekerja tentang pengetahuan pengelolaan dan mengacu pada prinsip hierarki pencegahan kelelahan khususnya bagi para Pekerja dengan waktu kerja bergilir atau shift.


Kedepannya kegiatan serupa akan sering dilakukan dengan bekerjasama para ahli lainnya. Sebagai penutup, tidak ketinggalan juga doorprize dengan beragam hadiah menarik disediakan oleh tim QHSE PT Intecs Teknikatama Industri. Hadiah tersebut ditujukan bagi mereka yang memiliki pertanyaan menarik dan juga bermanfaat bagi seluruh peserta webinar lainnya.

0 Comments
Leave A Reply